Selasa, 04 Agustus 2009

Neko-neko dengan Nexian



Sudah seminggu ini saya mencoba menggunakan nexian NX-G900, yang sedang hangat dibicarakan orang. Konon fiturnya mantap, fisiknya mirip blackberry, tapi harganya di bawah sejuta perak.


Sebelumnya perlu saya tulis bahwa selama ini saya menggunakan 2 handphone: Nokia dan Dopod. Memang repot menggendong 2 HP ke mana-mana. Walaupun saya puas dengan performa masing2 HP tsb, tapi saya lepaskan mereka dgn berbagai alasan. Nokia saya lepas, karena ibu saya pingin punya HP yang bisa putar musik, dan ada kameranya. Nokia 5200 ini tebal, tahan banting, warna merah putih, dan telah menemani saya dalam penjelajahan ke hutan2 di berbagai lokasi pertambangan. Pernah kecebur di sungai sagea saat ekspedisi ke gua Boki Moruru, handphone ini 'cuma' pingsan sesaat, setelah itu kembali sehat seperti nggak pernah kecebur. Benar2 bandel dan saya puas dengan kualitas audionya. Semoga emak saya juga senang dengan Si Gendut Merah Putih yg bandel ini.

Dopod akan saya lepas juga karena salah seorang teman sudah lama naksir. Dia bilang kinerja internetnya bisa dimanfaatkan. Karena agama menyuruh kita supaya bisa melepaskan segala sesuatu yang kita cintai (halah!), maka saya relakan Dopod ini ditawar teman tsb. Walau berat, hati saya sudah merelakan Dopod itu dijual. Tapi belakangan, setelah saya beli Nexian, teman saya yang keparat ini bilang bahwa dia nggak jadi beli Dopod saya karena duitnya sudah habis dipake ke Bali. Sialan betul!

Lupakan Nokia. Lupakan Dopod. Mari kita bicarakan Nexian.

Di koran sudah bbrp kali saya lihat iklan ttg handphone Nexian, yang bisa dual card, bentuknya seperty blackberry, dan harganya di bawah sejuta. Sebetulnya ada banyak handphone lain yang bisa jadi pilihan, tapi saya pilih Nexian ini karena dia bisa dual card. Cukuplah 3 tahun ini saya bawa 2 handsets.

So, saya pun beli Nexian G-900. Harganya Rp.999.000. Ditambah dengan lapisan anti gores, silikon protector warna orange, dan install aplikasi chatting (Yamee!, E-buddy, Dictionary, Qur'an, dll), total yang saya bayar adalah Rp 1.130.000.


Bawaan dari nexian adalah: handset, earphone, charger (+ kabel data), CD, baterai,
kartu XL perdana (nomor cantik), dan mini card (di box tertulis 1 GB, tapi saya lihat 2 GB).
Kata temen saya yang sering pegang2 blackberry, penampilan Nexian ini mirip BB Bold, dengan dimensi: 87.0 x 44.0 x 17.2 mm. Frankly speaking, I don't give a damn. Begitu tombol power ditekan, Nexian langsung bunyi dengan suara keras,"XL Nyambung terusss!!!". OMG! kalo suara Luna Maya, mungkin saya senang. Tapi ini suara cowo entah siapa. Suara ini juga muncul lagi kalo kita mematikan HP. Tapi jangan kuatir, suara ini bisa diganti sesuai selera kita.

Untuk yang suka dengan BB, di internet kita bisa mendownload ringtone original BB Bold dan diinstall pada Nexian, sehingga jika ada incoming call, message dll Nexian akan berbunyi seperti BB Bold. Download ringtones BB Bold di sini: h**p://rs141.rapid*share.com/files/151621423/Original_Blackberry_Bold.zip

Ada dua slot kartu dalam Nexian. Slot 1 dikhususkan untuk XL. Slot 2 bisa diisi apa aja, asal GSM. Keduanya bisa on. Bisa juga anda matikan salah satunya. Dari display, kita akan tau telepon masuk lewat SIM1 atau SIM2. Profile masing2 SIM fully customizable. Kita bisa set ringtone yang berbeda untuk masing2 kartu. Demikian juga dengan incoming message alert, dll.

Nexian ini sudah Facebook friendly (preinstalled). Hanya dengan menekan satu tombol, kita bisa langsung menikmati layanan Facebook. Tentu saja tampilannya tidak seperti yang kita lihat dlm PC. Pull email juga bisa. Di internet ada cara untuk setting pull email Yahoo! ke Nexian. Lihat di sini: http://haryantotips.blogspot.com/2009/07/cara-setting-email-yahoo-di-nexian-nx.html atau di sini http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1799685&page=8 Untuk browsing, sudah disiapkan browser Opera Mini.

Untuk messaging, Nexian cukup bisa diandalkan. setiap selesai menulis pesan kita akan ditanya apakah akan mengirim lewat SIM1 atau lewat SIM2. Hati2 ada kemungkinan kita mengirim/membalas sms lewat nomor yang tidak diketahui orang. Maksud saya, teman kita kirim sms ke SIM1, tapi kita balas lewat SIM2, sementara teman kita itu tidak tahu nomor SIM2 kita.

Selain itu ada kekurangan dalam messaging. Nexian tidak menyiapkan folder Sent Items. Jadi semua sms yang kita kirim tidak terdokumentasikan. Ini akan menyulitkan kalau sedang network error, sehingga message tidak diterima. Kalau kejadiannya begiru, kita tidak bisa Resend. Siap2 harus mencet2 lagi menulis pesan yang sama. Rasain!

Nexian ini juga tidak bisa dipassword. Handset bisa dilock dengan menekan tombol Home dan *, which is standar banget dan hanya berfungsi sebagai keypad lock. Jadi jangan harap bisa mengunci handset dengan password yang bisa diganti2.

Fitur2 lainnya standar aja. What can you expect from a handset harga sejutaan? Kamera masih VGA. Walaupun begitu, kita bisa set to the highest quality. Kita bisa atur kualitas foto dengan setting image size, image quality, white balance, night mode, effect serta self timer. Alarm bisa diset sampai lima kali. Baterai tahan sampai 2 hari, cuma charging emang butuh waktu lama. Ada World Clock, currency converter, sound recorder, stopwatch dan bisa baca E-Book. Kualitas audio lumayan. Keras, hehehe....


Fasilitas multimedia ada audio player, Radio FM, dan video player. Format musik yang bisa dimainkan adalah MP3 Player, AMR dan MIDI. Sementara untuk video playernya format yang bisa dimainkan adalah AVI, 3GP, dan MP4.

Ada fitur lain yang rada unik, yaitu Background Sound. Kita bisa memilih suara latar saat melakukan panggilan. Pilihannya: Motorcycle, Sidewalk, MRT1, MRT2, Restaurant, Pub, Chord, Alarm, Dou, dan White noise. Kita juga bisa menambahkan backsound sendiri (up to 21 backsounds). Jadi kita bisa bilang ke temen kantor "Gue lagi di jalan" (padahal kita masih di rumah). Atau kita bisa juga set lagu My All (Mariah Carey) atau Doy (Kangen Band) saat kita menelepon pacar atau belahan jiwa. Asyik eh?

Demikian. Saya baru sepekan menggenggam Nexian. Jadi belom tau apa Nexian ini tangguh dalam waktu lama atau tidak. So far, tidak ada masalah. Dengan duit sejuta, this is the best you can get. Mudah2an tetap tidak ada masalah hingga 1-2 tahun ke depan.

3 komentar:

Sulthan Perfume mengatakan...

Halo sy jg tertarik ingin membeli nexian tp sy kurang suka dgn sent item yg agak manual itu,soale sy suka smsan jd agak repot ya kl lupa plh menu sent and save nya. Btw ada rekom merek hp dual sim laen yg pnya fasilitas menu utk sms sperti menu sms pd nokia yg gampang bgt.thx y atas infonya

Sulthan Perfume mengatakan...

Halo sy jg tertarik ingin membeli nexian tp sy kurang suka dgn sent item yg agak manual itu,soale sy suka smsan jd agak repot ya kl lupa plh menu sent and save nya. Btw ada rekom merek hp dual sim laen yg pnya fasilitas menu utk sms sperti menu sms pd nokia yg gampang bgt.thx y atas infonya

Afif Firdaus mengatakan...

Saya memakai GSTAR 988 yang juga punya fasilitas backsound call. Pas saya ingin menambahkan sound di list yang tersedia kok gak ada format yang cocok ya, atau mungkin saya yang belum menemukan yang pas. Kalo MP3 jelas2 gak terdeteksi, sedangkan WAV walau terdeteksi tapi muncul pesan "Invalid Backsound Format". Jadi format yang pas untuk backsound call itu apa ya?