Kamis, 23 Oktober 2008

I beat the Cube!

Kemarin siang saya jalan ke PIM2. Di lantai paling atas deket XXI ada counter penjual mainan. Ada Rubik Cube di sana. Saya kenal mainan karya Ernő Rubik ini saat duduk di kelas 1 SMP. Saya ambil satu cube dari rak, lalu memutar2 cube... serasa muda lagi, jadi anak SMP lagi... (bohong banget!).

Singkatnya saya beli satu, yang murah saja: Rp 6oK. Ada versi mahalnya, Rp 180K sih, tapi kok kayaknya kemahalan. Jadi kemarin saya coba menyelesaikan 6 sisi, ternyata gagal. Cuma bisa 1 sisi dan 2 layer. Kurang 2 jurus lagi, untuk bisa menyelesaikan 6 sisi. Semaleman di tempat kost, saya coba utak atik lagi, gagal. Saya inget saat SMP dulu, saking gemesnya gak berhasil bikin 6 sisi, sticker Cube itu saya lepas satu persatu, lalu ditempelkan lagi sehingga warnanya cocok 6 sisi. Malah, saya pernah (OK, sering) bongkar Cube, lalu menyusunnya sampai jadi.

Pagi ini, sehabis subuhan, saya coba lagi utak atik Rubik, dan... BERHASIL! Sekarang masalahnya adalah ... speed. Mungkinkah saya bisa ngalahin Yu Nakajima ?

Yu Nakajima (中島 悠? born February 15, 1991 in Kushiro, Hokkaidō) is a Japanese Rubik's Cube solver. Yu holds the current world record for average (11.28 seconds) and formerly held it for single times (8.72 seconds) on the standard 3×3×3 cube solution. Both records were set on May 4, 2008, at the Kawashi Open 2008. He beat the previous world record holder Edouard Chambon, who had a single solve record of 9.18 seconds. In addition, he is the current world record holder for the Rubik's Cube: One-handed event with the time of 14.56 seconds, set at the Tokyo Open 2008.

Berikut adalah bbrp fakta menarik ttg Rubik:

Kalau setiap detik kita putar satu sisi Rubik satu kali, maka diperlukan waktu 1400 juta tahun untuk menghabiskan semua kemungkinan konfigurasinya.

Rubik termahal adalah Masterpiece Cube, diproduksi oleh Diamond Cutter International. Actual size dan bisa dimainkan, cube ini terdiri dari 225 karat amethyst, 34 karat ruby, 34 karat emerald, semuanya dirangkai emas 18 karat, dan bernilai hampir 1,5 juta US dolar.

Lebih dari 300 juta Rubik sudah terjual di seluruh dunia. Jika semua cube ditumpuk-tumpuk, tingginya bisa mencapai puncak Mount Everest, dua kali.

Once again, I beat the Cube...!

1 komentar:

sofyan mengatakan...

BeTe karena nggak ada lawan? :)