Rabu, 24 September 2008

Siapa Deddy Stanzah



Seorang kawan ngasih tau ttg adanya blog baru berisi lagu2 indonesia jadul. ketika saya klik, ternyata ada banyak lagu yang saya belum punya, termasuk lagu yg selama ini saya cari. Judul lagunya Siapa Aku, dinyanyikan Deddy Stanzah. Lagu ini akrab di telinga saya saat masih tinggal di Cicadas, tahun 80an. Nongkrong di tembok depan rumah, sambil main gitar, bersama teman2... aih... :) ambil nunggu 'adik kelas' pulang sekolah yang
selalu lewat depan rumah... lagu ini termasuk salah satu yg sering dimainkan dan dinyanyikan dengan girang oleh teman2 yg saat itu sebagian masih berprofesi sebagai bangsat, maling, copet dan belajar jadi preman. Maklum, di Cicadas :)

Deddy Stanzah adalah orang Cikaso, tetangganya Cicadas. Pada masa keemasannya, Deddy adalah frontman dari band legendaris The Rollies yang disegani kawan dan lawan, dengan hits Hari-hari, Kemarau, Dansa Yok Dansa, dll. Deddy melesat namanya saat menyanyikan lagu jawara Dasa Tembang Remaja berjudul Sepercik Air, yang menurut kuping saya, sangat luar biasa. Sayang lagu MP3nya kurang bagus, mungkin kaset from which the file is ripped udah mendem suaranya.

Kesuksesan Deddy membuatnya terjerumus ke dalam lembah hitam. Wuih! Saya pernah baca di majalah, karena ketergantungannya pada narkoba, Deddy pernah nekad merampok sebuah apotik bersama teman2nya. Saat itu juga, mereka bagi rata semua obat yang mereka temukan, lalu mereka telan sekaligus. Alhasil, mereka bangun di sel polisi, ... tiga hari kemudian.

Ada juga bbrp cerita ttg Deddy, misalnya saat teman saya berkunjung ke rumah Deddy untuk ngundang mentas, Deddy menyuguhkan sepiring pil BK, lalu sambil ngobrol, pil2 itu dikunyah seperti makan kacang. Paman saya cerita bahwa di Cihapit (penjualan barang bekas di Bandung), dia pernah bertemu Deddy yg saat itu menyapa Paman saya apakah dia mau menjual tape mobil. :)

Saya pernah nonton pertunjukan Deddy Stanzah bbrp kali. Pertama kali saat dia mentas di acara peringatan 17 Agustus di Sukamulya, tempat saya tinggal. Stage actnya memang luar biasa. Suaranya yang khas, dan goyangannya... tak ada tandingan. Berikutnya saat saya nonton acara Sunday Rock di Setra Sari. Waktu itu merupakan pentas musik lumayan besar, organized by radio Young Generation (atau Oz?). Rocker ngetop saat itu yang tampil adalah Deddy Stanzah dan Harry Mukti. Usai Harry Mukti nyanyi, MC Wedha Prastha bilang bahwa dia baru saja dapat kabar Harry Mukti dinobatkan sebagai Rocker Terbaik saat itu. Harry Mukti langsung bilang "Alhamdulilaah!" disambut tepuk tangan penonton. Apa reaksi Deddy Stanzah? Dia langsung naik panggung, menguasai mike, lalu bilang," Demi Tuhan, jangan salah pilih! Bagi saya Harry Mukti tidak ada apa-apanya!" Suara penonton bergemuruh. Dalam konser Sunday Rock ini, Deddy mengakhiri penampilannya dengan berlutut dan memejamkan mata. Tiba2 seorang anak perempuan kecil naik panggung, lalu mengalungkan bunga ke leher Deddy. Rupanya itu anak Deddy. Deddy membuka matanya, lalu mencium dan memeluk anak itu. Deddy lalu bertanya ke panitia, dan juga ke penonton dengan suara serak, seolah marah, "Mengapa dia ada di sini? Mengapa dia ada di sini?!"- Deddy is a real entertainer.

Lirik Siapa Aku yg dinyanyikan Deddy ini sangat menyentuh hati saya. Suara Deddy yang serak, meliuk2,
seperti meratap penuh penyesalan.
Silakan dinikmati. yang mau download, ini linknya http://www.mediafire.com/download.php?92u3wyfy2nj

Thanx To Achit. kalo mo baca lebih lengkap ttg Deddy, ini linknya http://id.wikipedia.org/wiki/Deddy_Stanzah


siapa aku (deddy stanzah)

jauh sudah kumenyusuri jalan
tinggalkan jejak di sana
seribu kisah tentang kehidupan
mendidih panas darahku

lumpur pekat di langkah kakiku
tenggelamkan citaku
di tapak tangan jelaga melekat
menghempas arti hidupku

reff:
di cermin kulihat wajahku
tak kukenali kembali
hitam legam menjarah mata hatiku
terbakar api noda

serangga malam simfoni sang kelam
membuatku terjaga
ku harus coba benahi diriku
di tengah badai yang datang

kan kubersihkan tangan ini
dari percik prahara
kan kuluruskan langkah ini
di sisa hari2 kenyataanku
menjelang batas waktu

panggilan jiwa menyapa namaku
membuatku terjaga
kuharus tegar menempuh arahku
ditengah badai yang datang

reff

4 komentar:

Hotam Tanjung S mengatakan...

Deddy Stanzah dulu sempat populer di belantika musik nasional. Oy, saya punya blog komunitas musik slow rock 90an, kunjungi http://rockers90s.blogspot.com

camp bravo mengatakan...

Deddy Stanzah : TIDAK TERGAANTIKAN, apalagi aksi panggungnya : HADUH.

camp bravo mengatakan...

Deddy Stanzah : TIDAK TERGAANTIKAN, apalagi aksi panggungnya : HADUH.

Anonim mengatakan...

Deddy stanzah mick jagger nya bandung tak akan ada yg bisa seperti deddy stanzah rock and blues